Jumat, 09 Desember 2016

Luas dan Keliling Lingkaran Gui Matlab


Memulai GUIDE MATLAB


Melalui command matlab dengan mengetikkan: >> guide

Selanjutnya akan muncul tampilan kotak dialog pilihan GUIDE Quick Start.


Membuat Contoh Aplikasi GUIDE MATLAB

1.     Menghitung Luas dan Keliling Lingkaran
Contoh aplikasi yang dibuat adalah menghitung luas dan keliling lingkaran. Langkah-langkah yang harus kita kerjakan adalah:

a.      Mendesain Figure
Dalam mendesain figure, kita harus dapat membayangkan komponen apa saja yang perlu kita tampilkan. Seperti dalam membuat aplikasi menghitung luas dan keliling lingkaran, variabel input yang dibutuhkan adalah jari-jari, kemudian variabel outputnya adalah luas dan keliling lingkaran, maka kita memerlukan 3 edit text yang digunakan menampilkan variabel-variabel tersebut. Kemudian kita juga memerlukan 1 tombol pushbutton/togglebutton untuk mulai melakukan proses perhitungan. Kita juga bisa menambahkan komponen lain untuk memperjelas dan mempercantik desian figure yang akan kita buat.
Desainlah figure seperti pada Gambar. Gunakan 4 buah static text, 3 buah edit text, dan 2 buah pushbutton. Dalam meletakkan komponen pallete boleh tidak sesuai dengan gambar.

a       b.     Mengatur Layout Komponen
Setelah kita selesai mendesain figure, aturlah masing-masing komponen menggunakan property inspector. 


c. Menyimpan Figure
Setelah selesai mendesain figure, langkah selanjutnya adalah menyimpan figure, beri nama lingkaran.fig, secara otomatis kita akan dibuatkan kerangka m-file dengan nama yang sama, yaitu lingkaran.m.
Dari beberapa fungsi yang muncul di m-file. Kita cukup memperhatikan fungsi yang memiliki callback, yaitu edit1_Callback, edit2_Callback, edit3_Callback, btn_hitung_Callback, dan btn_edit_Callback.

Ø edit1
Di bawah function edit1_callback, tambahkan program menjadi berikut:
jari=str2num(get(handles.edit1, 'String'));
handles.jari=jari;
guidata(hObject, handles)

Ø edit2 dan edit3
untuk function edit1_callback dan function edit2_callback, kita tidak perlu menambahkan kode apapun dibawahnya, karena hanya berfungsi untuk menampilkan hasil dari perhitungan.

Ø btn_hitung
Di bawah function btn_hitung_callbck, tambahkan program menjadi berikut:
%kode ini diekskusi jika kita menekan tombol hitung
jari=handles.jari;
luas=pi*jari*jari;
kel=2*pi*jari;
%menampilkan hasil perhitungan
set(handles.edit2, 'string', luas);
set(handles.edit3, 'string', kel);

Ø btn_exit
%untuk keluar dari apalikasi
delete(handles.figure1)


d. Running GUI
Setelah langkah-langkah diatas dijalankan, langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi yang telah dibuat dengan mengklik tombol Run dari jendela figure atau dari jendela debug m-file (tekan F5), sehingga akan muncul tampilan berikut.









2 komentar: