Melalui
command matlab dengan mengetikkan: >> guide
Selanjutnya akan muncul tampilan kotak
dialog pilihan GUIDE Quick Start.
Membuat
Contoh Aplikasi GUIDE MATLAB
1. Menghitung
Luas dan Keliling Lingkaran
Contoh
aplikasi yang dibuat adalah menghitung luas dan keliling lingkaran.
Langkah-langkah yang harus kita kerjakan adalah:
a.
Mendesain Figure
Dalam
mendesain figure, kita harus dapat membayangkan komponen apa saja yang perlu
kita tampilkan. Seperti dalam membuat aplikasi menghitung luas dan keliling
lingkaran, variabel input yang dibutuhkan adalah jari-jari, kemudian variabel
outputnya adalah luas dan keliling lingkaran, maka kita memerlukan 3 edit text
yang digunakan menampilkan variabel-variabel tersebut. Kemudian kita juga
memerlukan 1 tombol pushbutton/togglebutton untuk mulai melakukan proses
perhitungan. Kita juga bisa menambahkan komponen lain untuk memperjelas dan
mempercantik desian figure yang akan kita buat.
Desainlah figure
seperti pada Gambar. Gunakan 4 buah static text, 3 buah edit text, dan 2 buah
pushbutton. Dalam meletakkan komponen pallete boleh tidak sesuai dengan gambar.
a b. Mengatur Layout Komponen
Setelah
kita selesai mendesain figure, aturlah masing-masing komponen menggunakan
property inspector.
c.
Menyimpan Figure
Setelah
selesai mendesain figure, langkah selanjutnya adalah menyimpan figure, beri
nama lingkaran.fig, secara otomatis kita akan dibuatkan kerangka m-file dengan
nama yang sama, yaitu lingkaran.m.
Dari
beberapa fungsi yang muncul di m-file. Kita cukup memperhatikan fungsi yang
memiliki callback, yaitu edit1_Callback, edit2_Callback, edit3_Callback,
btn_hitung_Callback, dan btn_edit_Callback.
Ø edit1
Di
bawah function edit1_callback, tambahkan program menjadi berikut:
jari=str2num(get(handles.edit1, 'String'));
handles.jari=jari;
guidata(hObject, handles)
Ø edit2
dan edit3
untuk
function edit1_callback dan function edit2_callback, kita tidak perlu
menambahkan kode apapun dibawahnya, karena hanya berfungsi untuk menampilkan
hasil dari perhitungan.
Ø btn_hitung
Di
bawah function btn_hitung_callbck, tambahkan program menjadi berikut:
%kode ini diekskusi jika kita menekan tombol
hitung
jari=handles.jari;
luas=pi*jari*jari;
kel=2*pi*jari;
%menampilkan hasil perhitungan
set(handles.edit2, 'string', luas);
set(handles.edit3, 'string', kel);
Ø btn_exit
%untuk keluar dari apalikasi
delete(handles.figure1)
d.
Running GUI
Setelah langkah-langkah diatas
dijalankan, langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi yang telah dibuat
dengan mengklik tombol Run dari jendela figure atau dari jendela debug m-file
(tekan F5), sehingga akan muncul tampilan berikut.
bang,,cara biar tau program yang edi1 itu dari mana?
BalasHapusedit text nya om
BalasHapus